Silakan hubungi kami
Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda no. 2 Cirebon 45132, Jawa Barat,
HP : 085315093972, 081395924474
Pin        : 79DDD375, 292C73EA
* Kost Harian: Rp 125.000,-/hari, Kost Bulanan: Silakan hubungi kami

Tips Menjaga Kesehatan Anak Kost

Sering kali anak kost tidak menjaga kesehatan dirinya sendiri. Sehingga membuat mereka menjadi lemah dan sakit-sakitan. Atau tidak teratur dalam makan sehingga menjadi sakit. Anak kost biasanya kurang dalam menjaga kesehatan dan kebersihannya. Apalagi laki-laki. Wanita lebih bisa menjaga kesehatannya. Untuk itu anak kost memang dituntut untuk mandiri dan mampu menjaga kesehatannya.

Berikut ini tips menjaga kesehatan anak kost :

Aturlah pola makan
Pola makan menjadi alasan utama anak kost untuk menjadi malas-malasan dan tidak teratur dalam makan. Sehingga mereka pun sakit-sakitan. Selain itu alasan yang lain untuk telat makan yaitu bermain game dibanding dengan mengerjakan tugas-tugasnya. Maka dengan berbagai macam alasan tersebut mereka akan terkena penyakit maag. Penyakit ini adalah penyakit pertama yang akan mengundang penyakit-penyakit lainnya. Selanjutnya penyakit maag tersebut berkembang menjadi penyakit liver dan apabila dibiarkan akan menyebabkan kematian pada akhirnya. Tentu bukan itu yang diinginkan. Oleh karena itu menjaga dan mengatur pola makan merupakan hal utama yang harus dijadikan kebiasaan dalam menjaga kesehatan.

Aktivitas yang banyak
Aktivitas yang padat biasanya juga menjadi halangan bagi anak kost atau mahasiswa untuk menjaga dan mengatur kesehatannya. Sehingga menimbulkan penyakit yang tidak diduga. Kurangnya istirahat dan kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak kost seperti begadang, ini akan mempengaruhi kesehatannya. Untuk itu seimbangkanlah antara kegiatan dengan istirahat yang cukup untuk tubuh. Tubuh memerlukan waktu untuk regenerasi atau pemulihan energi setelah melakukan kegiatan yang banyak.

Istirahat yang cukup
Anak kost atau mahasiswa biasanya memiliki jadwal istirahat yang tidak teratur. Kadang bangun kesiangan akibat tidur kemalaman dan kadang tidur seharian tanpa melakukan kegiatan apapun. Memang aneh kalau diperhatikan tingkah laku dari anak kost. Untuk itu anak kost harus mengetahui tanda-tanda tubuh ingin beristirahat sejenak atau kapan tubuh harus beraktivitas banyak. Jadi istirahatlah yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi suplemen atau vitamin
Untuk menjaga vitalitas dan kesehatan disarankan untuk mengkonsumsi suplemen atau multivitamin. Agar keseimbangan gizi  tubuh dapat terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu disarankan  anak kost atau mahasiswa juga harus menyediakan obat-obatan untuk mengatasi gejala sakit yang mendadak datang, seperti pusing, sakit maag, demam, dan mencret. Penyakit tersebut biasanya menjadi langganan bagi anak kost atau mahasiswa.

Cepat-cepat ke dokter
Apabila memang sudah tidak sanggup lagi menahan rasa sakit akibat kelalaian atau kesalahan sendiri, maka segeralah untuk pergi ke dokter atau apotik terdekat. Untuk itu jagalah kesehatan tubuh bagaimanapun caranya dan banyaknya aktivitas di luar rumah. Jangan merepotkan orang tua karena penyakit yang Anda dapat.  Berusahalah untuk terus mandiri, bersih, dan menjaga kesehatan.

Artikel Lainnya :
eXTReMe Tracker