Silakan hubungi kami
Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda no. 2 Cirebon 45132, Jawa Barat,
HP : 085315093972, 081395924474
Pin        : 79DDD375, 292C73EA
* Kost Harian: Rp 125.000,-/hari, Kost Bulanan: Silakan hubungi kami

Tips Kesehatan Anak Kost. Ala Rumah Kost Pondok Avicenna

Anak kost yang jauh dari orang tua harus menjaga kesehatannya, kalau tidak nantinya bisa merugikan dirinya sendiri juga orang tuanya karena mau tidak mau orang tuanya akan terus khawatir. Kalau si anak itu dekat sih tidak apa-apa, tapi kalau beda pulau itu yang bikin orang tua susah apalagi kalau sampai datang demi menengok si anak. Sebagai anak kost, dia di tuntut mandiri termasuk pula dalam menjaga kesehatannya, sebab siapa lagi yang akan peduli kalau bukan dirinya sendiri.

Berikut 5 tips kesehatan anak kost :

 1. Kesehatan dipengarhui pola makan
Yang namanya anak kost sering lupa makan, itu juga yang menyebabkan sakit. Biasanya kalau sedang asik, anak kost lupa segalanya. Misalnya main game, ngerjain tugas kampus atau sekedar aktif berorganisasi. Hal hal tersebut yang biasanya menyebabkan anak kost lupa makan, apalagi kalau kerjaannya tanggung atau tidak ada warung makan yang dekat, biasanya makanya pun di tunda.

Padahal kita tau penyakit liver disebabkan karena magh, magh itu di awali dari seringnya telat makan dan ada bebarapa lagi sakit yang di pengarui oleh telat makan. Secara logika, orang yang makanya tepat maka metabisme dalam tubuhnya stabil, paling tidak energi dalam tubuhnya terisi sehingga dia selalu prima. Orang yang prima, biasanya pun jarang sakit, begitu pula sebaliknya kalau kita telat makan.

2. Kesehatan dipengaruhi pola aktifitas

    Kata temanku yang orang kesehatan, penyebab kesehatan menurun itu cuma 3 hal. Perubahan pola makan, pola istirahat dan pola aktifitas. Kalau salah satunya berubah, hal tersbut akan berpotensi menimbulkan sakit. Ingat, bisa menimbulkan sakit.

Masalah makanan sudah di bahas sebelumnya, kalau masalah istirahat pun juga mempengarui kesehatan. Biasanya kalau musim penerimaan siswa baru di sekolah atau kampusnya si anak kost akan mulai banyak kegiatan. Dan kalau dia sampai lupa waktu dalam berkegiatan, misalnya sampai waktu tidur berkurang, dia akan berpotensi sakit. Hal sederhana yang bisa kita amati kalau kita begadang sehari aja, biasanya kita pun mulai batuk (walau ga semua orang) dan kalau itu sampai berlanjut maka akan menyebabkan ganguan kesehatan. Hal yang biasa di alami adalah, demam atau pilek, sampai dengan tipes.

3. Kalau sudah mulai tidak sehat, segera istirahat
Kadang anak kost suka menyepelekan yang namanya istirahat, asal tubuh masih kuat dia aktif ngerjain sana sini atau sekedar main, sampai akhirnya dia sakit. Kalau dia ud sakit, baru sadar akan pentingnya istirahat. Namun biasanya tidak akan bertahan lama, setelah sehat lagi, mulai lupa lagi namanya istirahat.

Kalau memang badan sudah mulai tidak sehat, lebih baik istirahat daripada nantinya tambah parah dan semua kegiatan yang sudah di rencanakan malah harus di korbankan karena sakit. Jadi istirahat lah, semua hal yang ada di depan mata bisa di lanjutkan nanti. Itulah pentingnya kita juga untuk belajar management waktu sehingga tidak menumpuk di akhir dan menuntuk di selesaikan, akhirnya kesehatan yang dikorbankan.

4. Minum obat kala kesehatan mulai berkurang
Kalian sebaiknya sediakan obat wajib untuk anak kost, paling tidak kalau sudah ada gejala sakit mulai minum obat. Saya kira semua paham kondisi tubuhnya, misalnya dirinya punya kecenderungan sakit magh, dia harus minum obat magh kalau perut mulai sakit. Atau kalau badang greges, segera minum obat masuk agin, itu semua akan membuat kesehatan terjaga. Dan jangan lupa sekali lagi, istirahat kalau sudah mulai terlihat sakit.

5. Segera ke dokter
Segera ke dokter kalau memang minum obat warung ternyata tidak mempan, karena kita tidak tau penyakit apa yang sebenarnya terjadi. Ga usah ngirit duit kalau sakit, segera ke dokter takutnya niat ngirit malah boros duit karena harus di rawat di rumah sakit. Soalnya kalau udah masuk rumah sakit, akan banyak hal yang di korbankan, ya uang, kegiatan ataupun orang tua. Orang tua mau ga mau nantinya dantang demi untuk anaknya, justru itu akan menambah biaya cuma karena si anak kost tidak bisa menjaga kesehatannya.

Ya walaupun sakit itu kita tak tahu kapan datangnya, paling tidak kita bisa mengusahakan agar tetap sehat dan menjaga kesehatan itu sendiri.

Artikel Lainnya :
eXTReMe Tracker